TUGAS GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
Langkah – Langkah membuat garis horizontal, vertikal dan
diagonal menggunakan openGl
Disini menggunakan aplikasi C++
1. Buka
Aplikasi C++
2. Setelah
itu klik tools → Package manager kemudian install openGl
3. Kemudian
Mulai mengetik codingan seperti di bawah ini :
Membuat Garis Vertikal
Ketik
codingan seperti dibawah ini :
Keterangan :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //[
untuk memilih warna yang digunakan dala mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //[untuk memberikan
latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); //[Membuat baris kode menjadi
tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); //[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); //[untuk menggambar garis dari
titik yang diinginkan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); //[ untuk menentukan titik awal ]
glVertex3f(0,0,0.0); // [ untuk menentukan titik
akhir ]
glEnd (); //[untuk mengakhiri gambar garis ]
glPopMatrix (); //[Membuat baris kode menjadi
tidak berlaku]
SwapBuffers (hDC); //
Dan hasil
outputnya :
Membuat Garis Horizontal
Ketik
Codingan seperti dibawah ini:
Keterangan :
glClearColor (0.0f, 0.0f,
0.0f, 0.0f); //[ untuk memilih warna yang digunakan RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); //[untuk memberikan latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); //[Membuat baris kode supaya tidak
berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); //[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); //[untuk menggambar garis yang
digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f,
1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f,
0.0f); //[ untuk menentukan titik awal
yang diinginkan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f,
1.0f); //[ untuk menentukan titik
yang diinginkan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f,
0.0f); //[ untuk menentukan titik
akhir yang dinginkan ]
glEnd(); ////[untuk mengakhiri gambar
garis]
glPopMatrix(); //[Agar
garis kode bagian luar tidak berlaku]
SwapBuffers (hDC); //[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Dan Hasil Outputnya :
Membuat Garis Diagonal
Ketik codingan seperti
dibawah ini :
Keterangan :
glClearColor (0.0f, 0.0f,
0.0f, 0.0f); //[ digunakan memilih warna
yang digunakan dalam RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); //[membersihkan
latar belakang menjadi warna hitam]
glPushMatrix (); //[Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); //[menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); //[menggambar garis dari titik yang
digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8); //[menentukan titik awal yang
diinginkan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); //[menentukan titik akhir yang diinginkan ]
glEnd (); //[mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); //[baris kode menjadi tidak berlaku]
SwapBuffers (hDC);
//[menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Dan Hasil Outputnya :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar