Senin, 26 Oktober 2015

Menggambar garis horizontal, vertikal dan diagonal menggunakan openGl

TUGAS GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
Langkah – Langkah membuat garis horizontal, vertikal dan diagonal menggunakan openGl
Disini menggunakan aplikasi C++
1.      Buka Aplikasi C++


2.      Setelah itu klik tools → Package manager  kemudian install openGl



3.      Kemudian Mulai mengetik codingan seperti di bawah ini :
Membuat Garis Vertikal
Ketik codingan seperti dibawah ini :

Keterangan :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //[ untuk memilih warna yang digunakan dala mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //[untuk memberikan latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);     //[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //         [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);                //[untuk menggambar garis dari titik yang diinginkan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  //[ untuk menentukan titik awal ]
glVertex3f(0,0,0.0);                // [ untuk menentukan titik akhir ]
glEnd ();             //[untuk mengakhiri gambar garis ]
glPopMatrix (); //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku]
SwapBuffers (hDC); //

Dan hasil outputnya :



Membuat Garis Horizontal
Ketik Codingan seperti dibawah ini:

Keterangan :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //[ untuk memilih warna yang digunakan RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //[untuk memberikan latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();           //[Membuat baris kode supaya tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);  //[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //      [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);               //[untuk menggambar garis yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);   //[ untuk menentukan titik awal yang diinginkan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        //[ untuk menentukan titik yang diinginkan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);     //[ untuk menentukan titik akhir yang dinginkan ]
glEnd();             ////[untuk mengakhiri gambar garis]
glPopMatrix(); //[Agar garis kode bagian luar tidak berlaku]
SwapBuffers (hDC); //[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Dan Hasil Outputnya :


Membuat Garis Diagonal
Ketik codingan seperti dibawah ini :

Keterangan :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  //[ digunakan memilih warna yang digunakan dalam RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  //[membersihkan latar belakang menjadi warna hitam]
glPushMatrix ();           //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);   //[menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //       [menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);        //[menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8);        //[menentukan titik awal yang diinginkan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);    //[menentukan titik akhir yang diinginkan ]
glEnd ();              //[mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix ();  //[baris kode menjadi tidak berlaku]
SwapBuffers (hDC); //[menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Dan Hasil Outputnya :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar